Selasa, 22 Januari 2019

Kanker Pankreas Bisa Disebabkan Karena Diabetes

Penyebab Kanker Pankreas - Tidak hanya terjadi karena pola makan dan pola hidup yang kurang sehat, penyakit kanker juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit salah satu contohnya adalah diabetes. Mengapa penderita diabetes memiliki resiko tinggi terhadap kanker pankreas? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Kanker pankreas dan diabetes merupakan penyakit yang dapat mempengaruhi organ tubuh yang sama yaitu pankreas.Pankreas memiliki fungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan dan menghasilkan hormon untuk mengatur kadar gula darah. Cara menjaga pankreas agar tetap sehat merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat menimbulkan masalah pada pankreas seperti diabetes dan kanker pankreas.

Pengaruh Diabetes Pada Kanker Pankreas.

Perkembangan kanker pada penderita diabetes dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormon insulin dan tingginya kadar gula darah. Kanker pankreas dapat berkembang pada jaringan yang tidak normal dalam pankreas, dan dapat menyebar dengan cepat. Selain itu, kanker pankreas pada penderita diabetes juga dapat meningkat karena beberapa obat diabetes yang dapat meningkatkan insulin dalam tubuh.

Akibat dari tingginya insulin akan menyebabkan hiperinsulinemia yang bisa mendorong perkembangan kanker mengikat reseptor hormon. Supaya anda dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes yang akan berakibat pada kanker sebaiknya obati diabetes untuk membantu kualitas hidup. Untuk mengurangi risiko kanker pada penderita diabetes juga anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan berhenti merokok.

Selain itu juga supaya bisa merawat penyakit diabetes anda juga bisa menjalani diet dengan konsumsi makanan yang mengandung kaya nutrisi untuk membantu mengontrol diabetes dan membantu mengurangi risiko kanker. Hindari konsumsi karbohidrat sederhana atau produk yang dibuat dari bahan tepung karena makanan tersebut dapat menyebabkan kenaikan insulin dan kadar gula darah yang akan berbahaya.

Demikian penjelasan tentang penyebab kanker pankreas pada penderita diabetes semoga bermanfaat dah terimakasih telah menyimak.

Tidak ada komentar: