Selasa, 27 November 2018

Ciri Penyakit TBC Yang Sudah Parah

Ciri Penyakit TBC - TBC merupakan penyakit yang menular yang disebabkan oleh bakteri basil Mycobacterium tuberculosis yang menyerang saluran pernafasan (paru-paru). Penyakit ini menural dengan melalui batuk atau bersin yang mengeluarkan percikan air liur dan terinhalasi oleh orang sehat. Seseorang dengan sistem kekebalan atau imun yang lemah akan sangat gampang sekali tertular bakteri tersebut. 

Bakteri tersebut dapat menyerang tanpa mengenal usia,mulai dari yang muda sampai lanjut usia, baik laki-laki maupun perempuan. Di indonesia, penyakit ini masih terbilang penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat sekitar. TBC biasanya ditandai dengan adanya batuk yang terus menerus dan tak kunjung sembuh. 

Namun, hal tersebut tidak disadari oleh banyak orang, mereka menganggap bahwa batuk tersebut hanyalah batuk biasa yang sering muncul. Padahal batuk yang tak kunjung sembuh dapat ditandai adanya penyakit yang serius seperti TBC yang satu ini. 

Oleh karena itu, mengapa negara indonesia merupakan negara yang memiliki riwayat penyakit tbc tertinggi. Hal ini karena kebanyakan dari mereka enggan untuk memeriksakan diri pada dokter, sehingga terjadilah tbc yang parah. 

Jika tbc sudah parah, tentunya akan sangat lebih lama dan sulit untuk disembuhkan. Sehingga hal ini memicu kematian ataupun komplikasi-komplikasi yang lebih parah lagi. Padahal, jika diobati dengan obat tradisional tbc ampuh tidak akan menimbulkan komplikasi-komplikasi yang akan membahayakan tubuh.

Ciri Penyakit TBC Yang Sudah Parah 


Berikut ini ada beberapa ciri penyakit tbc yang sudah parah yang harus diwaspadai : 
  • Batuk Disertai Keluar Dahak Banyak 
    Batuk merupakan gejala utama yang sering muncul pada penderita tbc paru. Biasanya seseorang akan mengalami batuk sekitar tiga minggu atau lebih, batuk tersebut disertai dengan keluarnya banyak dahak, sehingga hal tersebut sangat mengganggu sistem pernafasan seperti asma. 
  • Nafsu Makan Yang Terus Menurun
    Salah satu ciri tbc yang sudah parah yang harus diwaspadai yaitu mengalami nafsu makan yang terus menurun, jika kondisi ini terus dibiarkan begitu saja, maka akan memicu masalah yang serius sehingga membuat tubuh akan terus melemah. Jika tubuh tidak diberi asupan gizi dan nutrisi, maka bakteri penyebab tbc dapat terus menginfeksi organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, sengat penting memberikan asupan nutrisi dan gizi, karena hakl tersebut dapat membantu tubuh menyerang bakteri penyebab tbc. 
  • Mengalami Kejang-Kejang 
    Gejala lain yang mungkin timbul pada penderita tbc yang sudah parah yaitu mengalami kejang-kejang seperti halnya orang yang mengidap epilepsi. Kondisi ini disebabkan karena bakteri penyebab tbc yang sudah menyerang sistem saraf sehingga menyebabkan kejang. 
  • Infeksi Pada Bagian Tulang 
    Tidak hanya mengalami kejang-kejang saja, TBC yang sudah parah juga dapat menginfeksi bagian tulang. Hal tersebut disebabkan karena infeksi bakteri yang sudah menjalar pada bagian tulang. Kondisi tersebut membuat rasa sakit pada persendian, dan membuat kesulitan untuk bergerak. tentunya Hal ini membuat para penderitanya merasakan tidak nyaman. 
  • Lelah Dan Lemah 
    Kondisi ini disebabkan karena kurangnya asupaan nutrisi dan gizi pada tubuh, sehingga membuat tubuh sering mengalami lelah atau bahkan lemah. 
Itulah informasi mengenai Ciri Penyakit TBC Yang Sudah Parah  semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda tentang penyakit tbc. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 

Tidak ada komentar: