Jumat, 18 Januari 2019

4 Faktor Risiko Kanker Anus

Faktor Risiko Kanker Anus -  Kanker merupakan suatu penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Sel kanker dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat menimbulkan kanker dibagian tubuh mana saja termasuk pada anus. Seperti apa saja faktor resiko dari penyakit kanker anus? untuk lebih jelas, mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Kanker anus atau dubur dapat terjadi ketika sel atau jaringan tubuh direktum mengalami gangguan atau kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker. Sel terus membelah dan tidak bisa menghasilkan sel normal sehingga dapat menumpuk dan mulai membentuk tumor dengan gejala kanker anus seperti pendarahan pada anus. Tidak hanya terjadi pada anus, kanker anus juga bisa menyebar kebagian tubuh lainnya termasuk pada usus besar.

Pengobatan kanker dubur ini biasanya akan tergantung pada ukuran tumor, seberapa dalam tumor, dan penyebaran tumor ke kelenjar getah bening di dalam selangkangan ataupun ke bagian usus besar. Pengobatan umumnya akan berfokus untuk menghilangkan tumor dan jaringan sel kanker di sekitarnya.

4 Faktor Risiko Kanker Anus

4 Faktor Resiko Kanker Anus 

Kanker anus merupakan jenis kanker yang jarang terjadi, namun ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit ini sangat rentan terhadap seseorang yang :
  1. Melakukan seks anal.
    Seks anal merupakan salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker anus, penterasi dapat merobek bagian dalam anus yang kemudian bakteri atau virus akan masuk melalui aliran darah disekitar anus yang dapat menyebabkan penyebaran infeksi menular seksual termasuk pada HIV. 
  2. Sering berganti pasangan seksual.
    Berganti-ganti pasangan melakukan cara termudah untuk Human Papilloma Virus (HPV) virus yang dapat menyebabkan kanker serviks ini bisa menjadi penyebab terjadinya kanker anus, untuk itu supaya anda terhindar dari kanker anus sebaiknya anda tidak sering untuk melakukan hubungan seksual karena hal ini akan membahayakan diri anda sendiri.
  3. Wanita dan kondisi sistem imun yang melemah.
    Wanita biasanya akan lebih rentan terhadap penyakit kanker apalagi jika memiliki sistem imun yang lemah infeksi atau bakteri akan dengan mudah masuk pada tubuh dan dapat menyebabkan seseorang mudah terkena kanker dubur dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  4. Positif HIV atau memiliki riwayat HIV.
    Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya yang dapat disebabkan karena faktor keturunan. Jika anda atau keluarga memiliki keturunan dengan penyakit HIV maka hal ini akan menyebabkan anda menjadi sangat rentan untuk terkena penyakit kanker anus. Namun tidak semua penyakit kanker dapat menurunkan penyakitnya kepada anggota keluarga.
Demikian penjelasan tentang faktor resiko kanker anus semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan bisa membantu untuk mengurangi terjadinya penyakit kanker anus.

Tidak ada komentar: