Rabu, 23 Januari 2019

Penyebab dan Bahaya Testis Tidak Turun

Penyebab Dan Bahaya Testis Tidak Turun -  Normalnya pria memiliki dua buah testis yang berfungsi sebagai untuk memproduksi sperma, namun bagaimana jika terdapat salah satu testis tidak turun. Apa saja penyebab dari testis tidak turun dan bahayakah kondisi ini? untuk lebih lanjut, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Testis tidak turun adalah suatu kondisi testis belum pindah keposisi yang tepat dalam kantong kulit yang tergantung dibawah penis. Kondisi ini biasanya banyak terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir prematur atau dalam kondisi tubuh yang sangat kecil dan dapat disebabkan karena faktor keturunan.

Penyebab Testis Tidak Turun.

Meski belum diketahui secara jelas, namun penyebab testis tidak turun dapat disebabkan karena kekurangan hormon atau serat yang menghambat turunnya testis. Testis seharusnya turun ke kantung buah zakar pada saat usia janin 7 bulan, namun jika belum terjadi penurunan dalam usia 9 bulan biasanya kondisi ini harus diobati.

Bahaya Testis Tidak Turun.

Testis yang tidak mengalami penurunan biasanya akan berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang pria, hal ini karena testis merupakan kelenjar berbentuk telur yang dapat menghasilkan spermatozoa. Pada kondisi yang normal biasanya testis akan turun pada saat sebelum bayi lahir, namun jika testis tidak turun hal ini akan berpengaruh pada :
  1. Dapat menganggu kesuburan.
    Jika hanya satu testis yang mengalami tidak turun maka tingkat kesuburan seseorang masih besar yaitu sekitar 80 persen. Namun jika keduanya tidak turun maka tingkat kesuburan akan semakin berkurang yaitu sekitar 50 persen, hal ini terjadi karena suhu didalam perut lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dikanting kemaluan sehingga dapat menganggu pembentukan sperma.
  2. Dapat menyebabkan tumor.
    Jika testis tidak turun, maka akan beresiko mengembangkan menjadi sel ganas atau kanker testis, karena pada kondisi normal testis harus turun didalam kantong buah zakar jika testis tumbuh di tempat lain maka hal ini akan berkembang menjadi kanker testis yang ganas. Untuk mengetahui apakah anda terkena kanker atau tidak anda bisa melakukan pemeriksaan testis  sendiri yang bisa nada lakukan dirumah.
Jika testis tidak turun sampai anak berusia 12 tahun maka bahaya yang akan ditimbulkan yaitu tidak dapat memproduksi sperma seterusnya atau mandul. Selain itu, anak juga akan mengalami tidak percaya diri sehingga akan berpengaruh pada tingkat prestasinya.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan bahaya testis tidak turun semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan pengetahuan wawasan tentang kesehatan testis.

Tidak ada komentar: