Rabu, 09 Januari 2019

Cara Mengatasi Disentri Dengan Pare

Cara Mengatasi Disentri  - Diare yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh? mungkin anda mengalami disentri. Disentri merupakan penyakit yang mudah menular dan dapat disebabkan karena sanitasi atau lingkungan yang buruk. Untuk mengatasi disentri ada cara mudah loh mau tahu? yuk kita simak artikelnya dibawah ini.

Penyakit disentri merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja namun sangat rentan terhadap anak-anak dan orang dengan lanjut usia. Selain dengan ciri diare yang berkepanjangan disentri juga bisa ditandai dengan mual, muntah, kram perut, dan demam. Meski disentri dapat sembuh dengan sendirinya namun anda jangan salah penyakit ini juga perlu pengobatan yang cepat supaya tidak berakibat fatal.
 

cara mengatadi disentri dengan pare

Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi disentri agar tidak semakin parah yaitu dengan menggunakan pare. Pare memiliki rasa pahit yang jarang untuk disukai orang, namun dibalik rasanya yang pahit harus anda ketahui bahwa pare memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan disentri.

Meskipun pare termasuk buah yang mempunyai rendah kalori, tapi buah pare ini mempunyai serat, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi. Serat yang ada dalam pare bisa bermanfaat untuk membantu pencernaan menjadi lebih baik salah satunya untuk mengatasi disentri yang anda alami. Selain itu pare juga bisa membantu untuk gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi salah satunya yaitu vitamin C dapat membentuk pertahanan benda asing yang dapat mengganggu dan merusak tubuh. Ekstrak pare  juga memiliki kemampuan antibakteri, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. coli, dan Salmonella penyebab dari disentri.

Cara penggunaan pare untuk obat disentri :
  1. Obat disentri dari akar pare.
    Caranya : Siapkan akar pare sebanyak satu genggaman tangan dan 1 gelas air, cuci sampai bersih dan rebus sampai mendidih, dinginkan lalu saring, untuk penyembuhan disentri konsumsi secara rutin minimal sehari sekali.
  2. Obat disentri dari pare.
    Caranya : Sediakan 2 buah pare yang masih dalam keadaan segar lalu cuci sampai bersih dan siapkan 1/4 air matang, potong dan haluskan pare menggunakan blender sambil menambahkan air, peras dan konsumsi ramuan ini sehari dua kali sampai gejala dan disentri sembuh.
Selain dapat digunakan untuk pengobatan disentri pare juga memiliki manfaat lainnya untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti meredakan asma, mengendalikan kadar gula, bahkan dapat membantu untuk melawan sel kanker.

Untuk mencegah terjadinya disentri pada anak, dewasa, dan orangtua serta penanganan untuk orang yang terkena disentri agar tidak menyebar kepada orang lain anda bisa membaca artikel selanjutnya tentang : Cara mencegah disentri.

Sekian & Terimakasih.

Tidak ada komentar: