Selasa, 15 Januari 2019

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Pantangan Makanan Penderita Hepatitis - Selain dengan menjaga pola makan dan hidup sehat, penderita hepatitis juga tidak boleh sembarang untuk memilih makanan yang dia sukai untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius yang dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan. Apa saja pantangan makanan untuk penderita hepatitis B? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit hepatitis B merupakan jenis penyakit yang sering dan banyak ditemukan pada masyarakat. Hepatitis b yaitu suatu kondisi yang dapat menyerang siapa saja termasuk pada pria dan wanita. Orangtua yang menderita hepatitis B pada saat kehamilan juga memiliki resiko untuk menularkan kepada anaknya. Penyakit ini memiliki dampak yang sangat serius contohnya seperti pada pria yaitu dampak hepatitis B pada kesuburan pria yang dapat menyebabkan kemandulan.

5 Pantangan Makanan Penderita Hepatitis.

 

Setelah anda terdiagnosis mempunyai penyakit hepatitis tentunya anda akan merasa khawatir dan cemas. Namun perlu anda ketahui sebaiknya bagi anda yang mempunyai hepatitis harus pintar dalam memilih makanan, sebab jika tidak hal ini akan menyebabkan komplikasi yang dapat merusak fungsi hati sehingga beresiko untuk memperburuk kondisi yang lebih parah.

Untuk mencegah terjadinya gangguan kondisi tubuh yang dapat berpengaruh pada kesehatan dan tubuh berikut adalah pantangan makanan yang harus anda hindari :
  1. Makanan yang mengandung garam tinggi.
    Dengan konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi sebaiknya harus anda hindari karena makanan dengan natrium tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah yang kemudian akan berpengaruh terhadap penyakit lemak pada hati. Diantara makanan yang mengandung garam tinggi yaitu daging, kornet, dan sosis.
  2. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
    Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang dapat menyebabkan penurunan berat badan sehingga mengkonsumsi lemak merupakan hal penting untuk tepa menjaga berat badan agar tetap stabil, namun anda juga perlu memilih jangan sampai mengkonsumsi sembarangan contohnya seperti mentega, susu. Jika anda ingin memilih makanan yang mengandung leamka pilihlah lemak sehat seperti minyak zaitun, dan alpukat.
  3. Makanan manis.
    Kenapa makanan manis merupakan salah satu pantangan bagi penderita hepatitis hal ini karena makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang dapat membuat gula darah menjadi melonjak. Gula darah yang mengalami penaikan dapat menyebabkan diabetes yang dapat meningkatkan resiko tinggi terhadap kerusakan hati. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula alami dan karbohidrat serat seperti stroberi, jeruk, apel.
  4. Alkohol dan minuman keras.
    Alkohol dan minuman keras seperti bir, wine atau minuman yang mengandung alkohol lainnya merupakan pantangan bagi penderita hepatitis karena dapat memicu lemak dalam hati yang dapat meningkatkan sirosis parah serta memperburuk gejala hepatitis seperti perkembangan kerusakan hati yang lebih serius.
  5. Makanan yang mengandung protein tinggi.
    Kerusakan hati yang diakibatkan oleh hepatitis dapat menyebabkan penggumpalan amonia dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi otak. Makanan yang mengandung protein tinggi contohnya daging sapi, susu, yogurt.
Memilih makanan yang baik untuk penderita hepatitis merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk pengobatan hepatitis secara alami. Supaya tubuh tetap sehat sebaiknya pilihlah makanan yang sehat dan baik untuk anda konsumsi.

Demikian penjelasan tentang pantangan makanan penderita hepatitis semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tidak ada komentar: